Warganet Sebut Gaya Pidato Pertama Gibran Mirip Jokowi, Psikolog UNS: Sayang Intonasinya Datar

  Ditonton 680,442

Tribun Solo Official

Bulan Yang lalu

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Adi Surya Samodra
TRIBUN-VIDEO.COM - Gaya Gibran Rakabuming Raka saat pidato perdana sebagai Wali Kota Solo disebut seperti sosok ayahnya Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Pidato tersebut disampaikannya seusai pelantikan dan pengambilan sumpah dalam rapat paripurna DPRD Kota Solo, Jumat (26/2/2021).
"Dari segi gaya pidato, seperti Jokowi, tapi intonasi Gibran cenderung datar, tidak menggebu-gebu," kata Psikolog UNS Solo, Abdul Hakim.
Selain itu, Gibran masih nampak berhati-hati dalam memilih kata-kata yang disampaikan.
Masih da kekhawatiran dalam diri Gibran dalam menyampaikan isi pidatonya.
"Pemilihan kata sangat hati-hati dan kelihatan takut sekali, khawatir bila ada kesalahan pernyataan," katanya kepada TribunSolo.com.
Terlebih, pernyataan Gibran sempat 'blunder' dalam menyikapi permasalahan yang menimpanya.
Soal kasus bansos yang menyeret Mantan Menteri Juliari Batubara, misalnya.
Pernyataan Gibran terkait itu sempat memunculkan kontroversi di tengah masyarakat.
Abdul mengatakan penyampaian Gibran dalam pidato masih terlihat kaku dalam momen pelantikannya.
Intonasi bicara menjadi satu poin yang menjadi perhatian dalam penyampaian tersebut.
"Intonasinya kurang emosional kelihat datar, walaupun berusaha mengeraskan suara saat menyampaikan hal penting. Kurang alamiah, agak terlihat kaku," katanya.
Kekauan dalam penyampaian pidato, sambung Abdul, karena pribadi Gibran yang cenderung introvert.
Berbicara di khalayak menjadi satu tantangan bagi dirinya.
"Gibran harus belajar lebih spontan dalam komunikasi sosial politik. Lebih spontan, lebih banyak membuka diri, komunikasi dengan banyak orang," tutur Abdul.
Cara tersebut bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan orasi Gibran ke depannya.
"Termasuk mengartikulasikan kata-kata, pesan yang natural dan enak. Itu akan memperkuat karakternya," ucapnya.
Catatan Pidato Gibran
Isi pidato Gibran Rakabuming Raka saat dilantik jadi Wali Kota Solo menyiratkan penerapan model kepemimpinan yang akan dipilihnya.
Psikolog UNS Solo, Abdul Hakim mengatakan, secara implisit, Gibran hendak melanjutkan dua model kepemimpinan.
Yakni, Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat masih Wali Kota Solo dan FX Hadi Rudyatmo.
"Tapi tidak seideologis Pak Rudy. Gibran akan fokus pada hal-hal praktis dan teknokratis," ungkap dia kepada TribunSolo.com, Jumat (26/2/2021).
Pengembangan industri kreatif dan co-working space menjadi perhatian Gibran selama memimpin.
Namun, Abdul masih memiliki catatan soal isi pidato yang disampaikan Gibran.
Itu terkait masih lemahnya visi kebudayaan di dalamnya.
"Padahal budaya itu menjadi persoalan pelik di Solo," ucap Abdul.
Misalnya, konflik Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang sampai sekarang masih berlarut-larut sejak 2004.
Wali Kota terdahulu, di antaranya Jokowi dan Rudy memilih untuk menjaga jarak terkait konflik tersebut.
Itu lantaran konflik Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat merupakan masalah internal keluarga.
Pilihan tersebut diprediksi Abdul akan tetap dipilih Gibran ketika menjadi Wali Kota Solo.
"Pilihan jaga jarak terkait masalah keraton tidak memberi dampak buruk bagi karier politik dia," kata Abdul.
"Tetapi menjadi tanggung jawab sejarah karena Solo seperti Yogyakarta lahir daei rahim kebudayaan Mataram Islam," tambahnya.
Selain masalah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Gibran juga dihadapkan tantangan menjaga harmonitas antar etnis di Kota Solo.
"Etnik kebudayaan yang berbeda-beda. Solo sangat heterogen. Itu akan menjadi ujian kepemimpinan Gibran," ucap Abdul.
"Mengelola harmonitas antar agama, kelompok, dan ormas. Selama ini, itu tertata cukup ok di bawah Fx Rudy," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunsolo.com dengan judul Gaya Pidato Pertama Gibran Mirip Jokowi? Psikolog UNS : Sayang Intonasinya Datar, Kurang Emosional, solo.tribunnews.com/2021/02/26/gaya-pidato-pertama-gibran-mirip-jokowi-psikolog-uns-sayang-intonasinya-datar-kurang-emosional?page=all.
Penulis: Adi Surya Samodra
Editor: Asep Abdullah Rowi

Komentar
panji prima leksono
panji prima leksono Bulan Yang lalu
Gak perlu pintar ngomong buat apa pintar ngomong, Baik Gibran dan Pak Jokowi adalah orang yang susah untuk didapatkan karena banyaknya orang orang sok pinter di Indonesia. Semoga Gibran akan mengikuti jejak Pak Jokowi untuk meneruskan ide ide Pak Jokowi
Ovan Andarsovan
Ovan Andarsovan Bulan Yang lalu
Capres 2024
Eko Priyono
Eko Priyono Bulan Yang lalu
Selamat berkerja mas
birue hongkong
birue hongkong Bulan Yang lalu
buah jatuh tidak jauh dari pohon nya mntaaap
Endang Wahyuningsih
Endang Wahyuningsih Bulan Yang lalu
Anake ya mirip..
Ayung Jaya
Ayung Jaya Bulan Yang lalu
Martabak,martabak
Hariyono Yono
Hariyono Yono Bulan Yang lalu
Maklum lah msh baru barangkali...dlm sambutan lupa dgn mengucap puji syukur kepada Allah swt dn Salawat serta salam kepada junjungan kita umat muslim...
Pandu Gama
Pandu Gama Bulan Yang lalu
Mirip bgt. Semoga solo lebih maju bersama mas gibran πŸ‘ πŸ™
Lubis Uliani
Lubis Uliani Bulan Yang lalu
klu dari segi suaranya ke dengaran grogi kasian warga solo,klu janji2 seperti ini udah ada pada jokowi tpi buktinya apa rakyat banyak yg menderita ekonomi terpuruk hukum amburadul
Kom Siatun
Kom Siatun Bulan Yang lalu
Slamat brtugas...Mas Gibran..smoga..Amanah...Aamiin
LOADING
LOADING Bulan Yang lalu
ini to calon gorong" yg baru, mau menggantikan bapakx, maap rakyat sudah tau akal"an kalian
siti zubaidah
siti zubaidah Bulan Yang lalu
Yo ko sik to pak psikolog, jenenge anyaran. Semua orang mesti ngslami ngene ikiπŸ™πŸ™
Muji ca
Muji ca Bulan Yang lalu
pembukaan mas gibran.....yang meresmikan ...bpk president jokowi.... smoga kota solo puya pemimpin yg jujur amanah demi rakyat ....
my love ega909
my love ega909 Bulan Yang lalu
The next president.... Amiiiiiiiiin
Maman Sanjaya
Maman Sanjaya Bulan Yang lalu
semoga gk jadi Presiden lah suatu saat nanti...nnti gk Tegas bikin aturan ky bapaknya
Rika Adhel Putri
Rika Adhel Putri Bulan Yang lalu
Hahahahahaahhahahaa
kiname Kiname
kiname Kiname Bulan Yang lalu
Semoga amanah,, dan dimudahkan segala Urusanny dlm memimpin kota solo mas gibran..
Bunda Aya cantiks
Bunda Aya cantiks Bulan Yang lalu
trah anak e lanang og kon ra mirip.πŸ˜†
Seratan Gusti
Seratan Gusti Bulan Yang lalu
Kayak latian anak2 sd pidato.... Semogo indonesia aman2 aj.
jatnika samsi
jatnika samsi Bulan Yang lalu
Presiden umkm dan walikota umkm mantap lah negara umkm
Centra Audio
Centra Audio Bulan Yang lalu
Sayang ya.. anak mudah pidatonya pakai tek
Santri Alkautsar
Santri Alkautsar Bulan Yang lalu
Bener intonasi nya datar
Pepen Roy
Pepen Roy Bulan Yang lalu
Anehh,ya samalah ,barang anak sama bapak kok,itu aja hebohhh
ika wulandari
ika wulandari Bulan Yang lalu
kan anaknya, ya wajar kl suara atau gaya ada miripnya
Ramdani Official
Ramdani Official Bulan Yang lalu
gampang banget yah jd anak presiden bisa langsung punya nama, terkenal nyalon jadi deh... kalau bukan anak presiden apalah..
Engky Dey
Engky Dey Bulan Yang lalu
Halo.. Proficiat pak Gibran.. Teruslah berjuang untuk rakyat solo... 2024 capres ya...
zen bema
zen bema Bulan Yang lalu
Kan dia anaknya pak presiden jokowi, ya gimana sih awokawkk bingung aku
Komang Swastika
Komang Swastika Bulan Yang lalu
Semoga pk gibran menjadi penerus pemimpin yg jujur
Bagas Pratamae
Bagas Pratamae Bulan Yang lalu
Ya jelas anaknya netizen aneh aneh aja
Mbah Kesi Tkw
Mbah Kesi Tkw Bulan Yang lalu
mirip pak jokowi
Sukma Satria
Sukma Satria Bulan Yang lalu
πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
Jokoirianto irianto
Jokoirianto irianto Bulan Yang lalu
Koyok logate Bapak ku,......ya
putry zha
putry zha Bulan Yang lalu
mirip bangat bapak nya
Takdir Indah
Takdir Indah Bulan Yang lalu
Haaaha haaha haaaaa haaaaa haaaaa haaaaa
Aris Kurniawan
Aris Kurniawan Bulan Yang lalu
Pengen bgt coment jujur tpi takut di ciduk..
Acong Padu
Acong Padu Bulan Yang lalu
Taiiiiii
Mekhanay Pekon
Mekhanay Pekon Bulan Yang lalu
Kok bisa jadi gubernur πŸ€‘
Feri Sagitarius
Feri Sagitarius Bulan Yang lalu
Teladan milenial
Be Hepen
Be Hepen Bulan Yang lalu
bisa nih jadi presiden
tri rudi
tri rudi Bulan Yang lalu
sama2 lihat tesk
Oppo F11
Oppo F11 Bulan Yang lalu
Harusnya ahy tiru kaya gini dari terkecil dulu, jangan keburuΒ² akhirnya gagal dan yg terbaru kasusu kudeta
Thio Gwandjie
Thio Gwandjie Bulan Yang lalu
πŸ‘πŸ‘πŸ‘
Nawacita Bangsa
Nawacita Bangsa Bulan Yang lalu
Keren mas gibran
Adi Kristianto Mangalik
Adi Kristianto Mangalik Bulan Yang lalu
Kami gk butuh pidato bagus dan kata2 manis kayak d sno noo. Kami butuh kerja melayani rakyat buka kata2 untk rakyat
PrThew
PrThew Bulan Yang lalu
Ya miriplah kan mas Gibran anaknya pak presiden JOKOWI πŸ˜‚
Rizki umardin
Rizki umardin Bulan Yang lalu
Yg satu aja uda buat sial ini negeri , ini malah nambah 1 lg..
kucrut
kucrut Bulan Yang lalu
Iya sama...sama sama bawa teks dan plonga plongo
BakuHantam Online
BakuHantam Online Bulan Yang lalu
Mau Kritik... Tapi Takut Penjara...
Dani Subandi
Dani Subandi Bulan Yang lalu
mirip pasti..selalu nepati janji ky bapaknya
Pak Burhan
Pak Burhan Bulan Yang lalu
Bisakah dia pidato Tampa rest selama 1jam
Pak Burhan
Pak Burhan Bulan Yang lalu
Masih ragu ragu atas kepemimpinannya .karena masih skandal korupsi bansos
Aria Mika Samudra
Aria Mika Samudra Bulan Yang lalu
Skandal??
Bustami Lhokseumawe
Bustami Lhokseumawe Bulan Yang lalu
Mirip sama 2 tukang tipu
Thobias Taso
Thobias Taso Bulan Yang lalu
Semoga Tuhan berkenan satu hari nanti menjadi RI 1. πŸ‘ƒπŸ‘ƒπŸ‘ƒπŸŒ·πŸŒ·πŸŒ·πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ
VC INDO TV
VC INDO TV Bulan Yang lalu
Namanya juga ayah dan anak wajar mirip...kalo ga mirip2 berti bukan anaknyaπŸ˜‚
AZR CHANNEL
AZR CHANNEL Bulan Yang lalu
Manteb Mas Gibran Selamat Dan Sukses.....
orang baik
orang baik Bulan Yang lalu
Klo anak SBY nyalon pasti bilang dinasti lah apa lah ,bau kencur lah Tapi klo anak Jokowi kok nggk ada yg bilang
Aria Mika Samudra
Aria Mika Samudra Bulan Yang lalu
Buktinya kepilih gak ??? Mas Gibran pilihan Rakyat Solo loh bukan dinasti
Ita Saja
Ita Saja Bulan Yang lalu
Intonasi g penting, yg penting kerjax.....
Diit widjaja
Diit widjaja Bulan Yang lalu
Yg komen menghina itu udh pasti keturunan dajjal🀣🀣
Annaa
Annaa Bulan Yang lalu
Iya mirip jokowi.. "Pakai teks" 🀣
Rinda Agungb
Rinda Agungb Bulan Yang lalu
Bakall berhenti beberapa tahun lagi kek jokowi langsung jadi presiden berikutnya bakalan !
Redo Fiki
Redo Fiki Bulan Yang lalu
Kami disini.. DIKALIMANTAN TIMUR SABTU MINGGU. GOBOLEH GEMANA MANA PAK.. DIAM DIRUMAH AJA SETIAP HARI SABTU SAMA MINGGU 😭😭😭😭😭😭😭
Gofur Doang
Gofur Doang Bulan Yang lalu
Dinasti
ayun Putra
ayun Putra Bulan Yang lalu
Lha wong emang anak e
Penonton
Penonton Bulan Yang lalu
Begini aja diberitakan
Syahid Juang
Syahid Juang Bulan Yang lalu
wkwk kerajaan...
Aria Mika Samudra
Aria Mika Samudra Bulan Yang lalu
Kerajaan??? Indonesia itu Republik bukan Kerajaan
abg rizda darmansyah
abg rizda darmansyah Bulan Yang lalu
Tidak punya skill maksa jadi pemain makanya penonton jadi kacau
Samsung Terbaru
Samsung Terbaru Bulan Yang lalu
Anak manja
Nur Aisyiah
Nur Aisyiah Bulan Yang lalu
Selamat ya mas gibran.. Semoga sukses untuk kota solo
Supri Yadi
Supri Yadi Bulan Yang lalu
Jika mau lihat kwalitas seseorang lihat dan dengar cara dia berbicara. Nampak lah kwalitas nya
Theo Esnawan
Theo Esnawan Bulan Yang lalu
Ga bisa gaa pakai teks..hahahhaaha not good nyontek teksπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
Julio santos
Julio santos Bulan Yang lalu
emang lomba pidato gitu?
Samsul Arifin Tm
Samsul Arifin Tm Bulan Yang lalu
🀣🀣🀣🀣
Dimas Pratama Putra
Dimas Pratama Putra Bulan Yang lalu
Mirip ya
Muhammad Hary
Muhammad Hary Bulan Yang lalu
πŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘Ž
bulan desember
bulan desember Bulan Yang lalu
Waw keren mas Gibran seragam putihπŸ‘smoga seputih hatymu tuk indo ...amin❀️
wareiz suhartono
wareiz suhartono Bulan Yang lalu
syukurr dah kalo mirip jokowi...kirain mirip siapa..
Budi Kurniawan
Budi Kurniawan Bulan Yang lalu
Bukan urusan saya
BakuHantam Online
BakuHantam Online Bulan Yang lalu
Wkwkkw.... Dinasti politik 😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭
BakuHantam Online
BakuHantam Online Bulan Yang lalu
@Aria Mika Samudra iya deh qw salah πŸ™πŸ™πŸ™ Takut Penjara qw😭😭😭
Aria Mika Samudra
Aria Mika Samudra Bulan Yang lalu
Pelajari mas apa arti dinasti.. Mas Gibran terpilih apakah langsung penunjukan dari Bapak nya? Pahami itu aja lah baru tau arti dinasti itu apa
Small Sam
Small Sam Bulan Yang lalu
Alhadulila saya udah fasin pak
Sayyid azwan
Sayyid azwan Bulan Yang lalu
Gak terasa
suhartono diklat
suhartono diklat Bulan Yang lalu
Mas Gibran,Manusia Sejati, Pemimpin Sejati, Amin amin Yarobbal Alamin, Alhamdulillaah hirobbilalamin πŸ€²πŸ‘πŸ™ Tks
Wahyu
Wahyu Bulan Yang lalu
Nganu maksud nya
Agustinus Sumba
Agustinus Sumba Bulan Yang lalu
Amin πŸ™ dan terimakasih atas sgl hal yg pak Gibran lalui Tuhan Yesus s melindungix SMG kedepannya bs jd presiden RI πŸ™ Doa kmi dr NTT sekeluarga BP presiden Jokowi Widodo salam hormat kami Sumba NTT πŸ™πŸ™
Ahsan Fuad
Ahsan Fuad Bulan Yang lalu
Pidato AHY mirip SBY, pidato Gibran mirip Jokowi
MUHAMMAD FIRMANUDIN
MUHAMMAD FIRMANUDIN Bulan Yang lalu
Pohon jatuh tak jauh dari buahnyaπŸ˜€
Irim Ajang
Irim Ajang Bulan Yang lalu
Yang penting kerjanya bgus aja nti kedepannya. Dripda bnyk omongan manis wktu pidato atau koar2 ke rakyat tp krjaan ga adπŸ™‚
Satria V
Satria V Bulan Yang lalu
Lucu bener yang bikin berita
Zefanya Gamaliel
Zefanya Gamaliel Bulan Yang lalu
MANTAPπŸ‘
izakdyarza
izakdyarza Bulan Yang lalu
gibran siapa ya?
Mr. Croot
Mr. Croot Bulan Yang lalu
.
Bang Fajri
Bang Fajri Bulan Yang lalu
Mirip njirr gini ajak koq di berita in ,,klo gk mirip ya tnda tnyaπŸ™„
Gio Gio
Gio Gio Bulan Yang lalu
Wong anake
Salman Yuniarto
Salman Yuniarto Bulan Yang lalu
Pidato? Nomer 1000...kerja2...pengangguran banyak..korupsi waspada...
Dom 29
Dom 29 Bulan Yang lalu
Ini dia bukannya korupsi?
Gereting Cun
Gereting Cun Bulan Yang lalu
Mantap .semoga solo lebih..jdi kota yg lebih Asri.
Kapitan Lord
Kapitan Lord Bulan Yang lalu
Yaiyalaah mirim presiden kita pak Jokowi, masa mirip SBY 🀭🀭
RIZALAE PROJECT
RIZALAE PROJECT Bulan Yang lalu
Harus maju anak muda.
meiza prima
meiza prima Bulan Yang lalu
simple pidatone
uzu Growl
uzu Growl Bulan Yang lalu
Masa mirip prabowo
Rose ALya
Rose ALya Bulan Yang lalu
Itu yang koprupsi uang bansos jadi di hukum mati gak yah
Apalaharti Sebuahnama
Apalaharti Sebuahnama Bulan Yang lalu
Gua mau nanya: Apakah Dinasti politik itu bagus dlm sebuah sistem republik?
Apalaharti Sebuahnama
Apalaharti Sebuahnama Bulan Yang lalu
@Aria Mika Samudra kalau Tuhan berkehendak bisa jadi Dinasti, gua ga bilang itu hal yg buruk makanya nanya.
Aria Mika Samudra
Aria Mika Samudra Bulan Yang lalu
Lah Yo Iki Mas Gibran pilihan Rakyat Solo sendri dibilang dinasti?
Apalaharti Sebuahnama
Apalaharti Sebuahnama Bulan Yang lalu
@Pisces Girl Jadi pragmatisme itu di kedepankan asalkan mendapatkan mandat rakyat, ok.
Pisces Girl
Pisces Girl Bulan Yang lalu
Ini kan di pilih rakyat bkn di tunjuk..mana dinasyi nya..yg pemting kerja bagus
Hari Pertama Kerja Putra dan Menantu Jokowi
02:04
Menantu Presiden Nikmati Peran Ibu Rumah Tangga
02:19
Paspampres Kawal Wali Kota Solo
01:23
CNN Indonesia
Ditonton 791 rb
Dara Ayu - Pelas Teri (Official Reggae Version)
4:45
BAJOL NDANU MANAGEMENT
Ditonton 129 rb